P3DW Depok II Cinere Sosialisasikan Pemahaman Pajak Kepada Siswa SMA 6

Limo, Depokterkini.com

Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) wilayah Depok II Cinere menyambangi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 6 Depok di Jalan Limo Raya, Kecamatan Limo, Kota Depok, pada Selasa (22/10/24)

Kedatangan rombongan Samsat Cinere tersebut guna memberikan pemahaman kepada siswa terkait kepatuhan dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

"Kami datang ke sekolah untuk memberikan edukasi kepada para siswa agar paham hukum terutama kepatuhan untuk membayar pajak kendaraan bermotor," kata Kepala P3DW Depok II Cinere Hj. Enih Srimurni di SMAN 6 Depok.

Dikatakan Enih, selain ke warga masyarakat, sosialisasi pajak kendaraan bermotor juga menyasar ke peserta didik tingkat SLTA yang berada dibawah naungan Dinas Pendidikan Jawa Barat. " Tentunya atas seizin Kepala Dinas Pendidikan, dan kami berkoordinasi dengan kepala KCD wilayah Bogor," ungkapnya

Ia berharap dengan sosialisasi ini para siswa melek hukum terhadap ketaatan dan kepatuhan  membayar pajak kendaraan bermotor."Kita ingatkan  kepada para siswa untuk disiplin dan tertib dalam berlalu lintas. Kita minta juga untuj melihat dulu notice pajak kendaraanya sebelum berkendara," tuturnya.

Tak lupa, Enih juga mensosialisasikan program pemutihan pajak yang berlaku sejak 1 Oktober hingga 30 November 2024.

Menurutnya, program pemutihan ini sangat membantu bagi pemilik kendaraan yang menunggak pajak,"Dendanya dibebaskan dan yang menunggak tiga tahun hanya membayar 2 tahun saja," terang Enih didampingi Ketua Tim Penagihan dan Pendapatan Samsat Cinere, Herri.

Selain tu, lanjut Enih, ada juga diskon pajak bagi yang membayar pajak sebelum jatuh tempo," bebas juga untuk bea balik nama dan ada juga bebas denda SWDKLJJ," pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMAN 6 Depok, Ririn mengaku bersyukur sekolahnya dapat kesempatan sosialisasi pajak dari Samsat Cinere. 

"Siswa dapat pengetahuan baru dari Samsat soal pajak. Anak anak diajak untuk bertanggung jawab saat berkendara, paling tidak mereka harus mengetahui kapan waktunya untuk bayar pajak kendaraannya. Sebagai warga negara yang baik mereka juga harus mengetahui kewajiban membayar pajak," ungkapnya.

Ia berharap dari sosialisasi ini, para siswa bisa mengingatkan orangtuanya agar tidak lupa bayar pajak." Hampir 50 persen dari 960 siswa di sekolah ini membawa kendaraan bermotor," tutupnya.

Dalam sosialisasi tersebut juga menghadirkan perwakilan Jasa Raharja Bogor, Ian yang menjelaskan tentang besarnya santunan  dari Jasa Raharja jika mengalami kecelakaan lalulintas.(wan)





Post a Comment

0 Comments