P3DW Depok 1 Berikan Pemahaman Pajak Kepada Siswa SMKN 3

Sukmajaya, Depokterkini.com

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat melalui Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) Wilayah Depok I memberikan pemahaman mengenai Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) kepada ratusan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 (SMKN 3) Depok, Jalan Merdeka, Sukmajaya, Depok, pada Senin (21/10/24).

Sosialisasi dalam program Samsat Masuk Sekolah (SMS) tersebut diberikan langsung oleh Ketua Tim Pendataan dan Penetapan Samsat Depok, Rina Parlina dan Perwakilan Jasa Raharja, Mohammad Gusti Yudhistira

Menurut Rina, sosialisasi dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa terkait  manfaat dari pajak kendaraan bermotor.

"Kita ingin menumbuhkan agar siswa taat dan patuh terhadap pajak. Siswa juga harus memahami betapa pentingnya pajak untuk pembangunan, salah satunya pembangunan di bidang pendidikan," ujar Rina usai menjadi narasumber.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, sekitar 70 pesen biaya pembangunan di Jawa Barat bersumber dari pajak. Karena itu, semua unsur masyarakat harus mendukung pajak agar pembangunan sekolah sekolah baru bisa terwujud.

Dalam sosialisasi tersebut, Rina juga memaparkan program pemutihan yang digulirkan Bapenda Jawa Barat sejak 1 Oktober hingga 30 November 2024.

Ada 5 keuantungan dalam progtam pemutihan tersebut, yaitu bebas denda pajak, bebas bea balik nama (BBN), bebas tunggakan pajak tahun ketiga dan seterusnya.

"Untuk bebas tunggakan pajak bIasanya hanya dendanya saja yang dibebaskan, tapi kali ini dibebaskan pokok pajaknya," jelas Rina

Selanjutnya pemberian diskon untuk wajib pajak yang membayar sebelum jatuh tempo, serta bebas denda untuk SWDKLJJ.

Kepala Sekolah SMKN 3 Depok, Samsuri menyambut baik positif sosialisasi yang digelar Samsat Depok di sekolahnya.

"Sosialisasi ini diawali undangan dari Samsat untuk para kepala sekolah. Jadi semua kepala sekolah sudah mendapat sosialisasi terlebih dahulu dari Samsat untuk kemudian diteruskan kepada para guru dan siswa," beber Samsuri.

Ia berharap dengan kegiatan ini siswa menjadi paham dan bisa meneruskan kepada orang tuanya bahwa saat sedang ada program pemutihan pajak dari Samsat dengan memberikan berbagai kemudahan.

"Sosialisasi sudah tersampaikan kepada siswa dan orang tua serta saudara dirumah. Harapannya para orang tua dapat merespon program pemutihan tersebut dan berbondong-bondong datang ke Samsat," harap Samsuri.

Hadir pula dalam sosialisasi tersebut perwakilan dari Bank BJB dan para guru. (wan)






Post a Comment

0 Comments