Penilaian Kinerja Guru Di SDN Sawangan 04 Harus Melalui Empat Tahapan

 

Sawangan, Depokterkini.com

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) SDN Sawangan 04, Beben Mukbar mengatakan, dalam penilaian kinerja guru disekolahnya harus melalui  empat tahapan yaitu, pra observasi, observasi, pasca observasi dan repleksi.

Hal itu dikatakannya menjawab awak media terkait penilaian kinerja guru di sekolahnya pada Jumat (20/9/2024).

Penilaian tersebut, dikatakan lebih lanjut sesuai Rencana Hasil Kerja (RHK), kemudian dilengkapi metode pembelajaran diferensiasi dan pembelajaran sosial, emosional dengan upaya mendengarkan civitas belajar siswa, stimulus siswa mau bertannya bernalar kritis.

“Jadi dalam penilaian kinerja guru itu dalam RHK harus melalui empat yaitu, pra observasi, observasi, pasca observasi dan repleksi,” terangnya.

Mengenai hasil penilaian yang dilakukan kepala UPTD SDN  terhadap guru SDN Sawangan 04 ditambahkannya, di atas ekpektasi Artinya, kata dia, dalam penilaian tersebut hasilnya sangat baik bahkan 100 persen menggunakan teknologi dalam pembelajaran.

Kemudian, sambung Beben Mukbar yang juga Ketua PGRI Kecamatan Sawangan para guru  berupaya untuk menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa, artinya yang menyaring pengetahuan adalah siswa tidak semata mata disuapin mencari ilmunya sendiri.

Intinya menerapakkan filosopi pendidikan Ki Hadjar Dewantara sesuai kurikulum merdeka, karena penilaian kinerja guru tujuannya untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan.

“Penilaian kinerja guru merupakan rutin dilakukan tiap semester di SDN Sawangan 04 ada 14 guru yang dinilai oleh kepala UPTD SDN, penilaian sekarang ini semester dua yaitu periode Juli-Desember 20204,” pungkasnya. (Dib)


Post a Comment

0 Comments