Lurah Bedahan Ajak Warga Optimalkan Bank Sampah

Sawangan, Depokterkini.com

Lurah Bedahan, Mahruddin optimalkan bank sampah di sejumlah wilayah Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok agar sampah tersebut bisa dikelola secara mandiri sedangakan sampah yang  dibuang ke TPA hanya residu.

“Kami optimalkan bank-bank sampah di Kelurahan Bedahan  agar sampah  yang dibuang ke TPA hanya residunya saja,” kata Mahruddin di Kelurahan Badahan pada Kamis (5/9/2024).

Keberadaan bank sampah saat ini, lanjut dia, di tingkat RW sebanyak 6 unit bank sampah lokasinya berada di  RW 1, 2, 3, 4, 6, 9. Namun, diakuinya dari ke 6 bank sampah tersebut belum berfungsi secara maksimal sehingga pemerintah Kelurahan Bedahan memotivasi para pengurus bank sampah tersebut untuk bisa beroperasi secara maksimal.

Dia juga meminta pengerus bank sampah menginformasikan kepada warga agar bisa mengolah sampah menjadi barang yang manfaat.

“Seperti sampah jenis kardus, logam, helm dan plastic  dan besi  yang disebut non organic bisa dikumpulkan di bank sampah yang nantinya dijual ke pengepul,” uajrnya.

Sedangkan sampah jenis organic seperti bekas sisa makanan, nasi, sayuran dan sampah dedaunan bisa menjadi kompos setgelah ditanam dengan mengali lubang kedalaman disesuaikan, maksmal 1 meter persegi kedalaman 1 meter.

“Bagi warga yang lahannya terbatas bisa menggunakan diameter beberapa certimeter untuk sampah organic,”katanya.

Sehingga, sambung dia,  sampah seperti itu tidak dibuang ke TPA melaikan dikelola secara mandiri dan yang dibuang hanya residu. “TPA Cipayung sekarang ini  darurat tidak dapat menampung sampah,” pungkasnya. (Dib)


Post a Comment

0 Comments