Kelurahan Kedaung Bentuk Bank Sampah Ke-2

 

Sawangan, Depokterkini.com

Aparatur  Kelurahan Kedaung, Kecamatan Sawangan, Kota Depok kini focus pada pembentukan bank sampah untuk pengelolaan sampah di lingkungan  sehingga sampah tidak dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) kecuali sampah residu.

Lurah Kedaung, Dion Wijaya mengakui, saat ini pihaknya fokus pengelolaan sampah melalui  bank sampah  sehingga sampah tidak dibuang ke Tempat Pembuangaan Akhir (TPA) kecuali residu.

Hanya saja , kata dia, pembentukan bank sampah di setiap RW di lingkungan dilakukan  secara bertahap. 

“Sejak tahun lalu bank sampah sudah dibentuk di RW 01 lokasi Kampung Caraka dan sekarang sudah berjalan, bahkan selain pengelolaan sampah juga ada budidaya maggot,” ujar Dion Wijaya didampingi Saefudin Kasie Pemerintahan dan Tramtib, di Kelurahan Kedaung pada Senin (9/9/2024).

Bank sampah tersebut, sambung dia, kerjasama dengan UPN Veteran Jakarta Fakultas Gizi dengan mengandeng Universitas Sahid Fakultas Gizi.

“Sekarang ini usia bank sampah tersebut sudah 1 tahun, dan dari bank sampah tersebut dikelola sesui jenisnya organic dan non organic, kemudian bank sampah tersebut didirikan kembali dalam waktu dekat ini di RW 08,” ungkapnya.

Dirinya juga berharap pengeloalan sampah nantinya akan dilakukan di masing masing RW di wilayah Kedaung, karena di wilayah Kedaung ada beberapa titik lokasi sampah seperti di  Jalan Abdul Wahab RT 04/08, Jalan  Raya Ciputat Parung RT 01/01 dan Jalan Pahlawan RT 03,04/7.

“Di Kelurahan Kedaung  ada 11 RW dan mudah-mudahan di masing masing RW tersebut berdiri bank sampah,” pungkasnya. (Dib)


Post a Comment

0 Comments