Kelurahan Cimpaeun Gelar Pelatihan Pemilahan Sampah

 

Tapos, Depokterkini.com

Aparatur Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos, Kota Depok menggelar pelatihan pemilahan sampah bagi warga Kampung Cerdas Ramah Keluarga (Caraka) di aula kelurahan setempat, pada Selasa (24/9/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri Lurah Cimpaeun, Mulyadi dibuka Kepala Seksie Ekonomi dan Pembanguan (Ekbang) Kecamatan Tapos, Herdandy dengan narasumber Kabid Kebersihan dan Kemitraan Masyarakat Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok,  Ardan Kurniawan.

Lurah Cimpaeun  Mulyadi, mengatakan, pelatihan pemilahan sampah lokus bagi warga Kp caraka RW 09 Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos,  Kota Depok.

Kenapa di RW 09, dikatakan  lebih lanjut, karena RW 09 pada 2016 ada program P2WKSS sehingga ditunjuk memjadi Kp Caraka (cerdas rammah keluarga).

Kp caraka, dijelaskannya,   tersedia SD, PAUD, Posyandu, Kelompok Wanita Tani (KWT), Pekarangan Pangan lestarian  ( P2l) termasuk pengepul, namun bank sampah belum terbentuk.

“Melalui pelatihan pemilihan sampah diharapkan berdiri  Bank sampah sehingga sampah dapat dikelola di bank sampah sesuai jenisnya agar tidak dibuang ke TPA,” ujarnya di Aula kelurahan setempat dalam sambutan.

Depok, diungkapkannya, darurat sampah, karena sampah dipinggir jalan, selokan hingga kali untuk itu dengan kegiatan pemilahan sampah dari hulu yaitu rumah tangga sampah nantinya bisa dikelola dengan baik.

Ardan Kurniawan selaku narasumber mengungkapkan, secara teori untuk mengelola sampah mudah tapi praktiknya sulit. 

 “Kita berikrar hari ini bahwa yang namanya sampah tanggung jawab kita semua,” kata Ardan didepan peserta pelatihan pemilihan sampah.

Dia juga menjelaskan ada beberapa jenis sampah, seperti kertas jenis ini akan terurai sekitar 5 bulan, sampah alumunium terurai 80-100 tahun, sedangakan jenis sampah plastic terurai mencapai 200 tahun.

Untuk itu, Dadan mengimbau hindari penggunaan plastic karena sampahnya akan terurai dalam waktu yang sangat lama.  (Dib)


Post a Comment

0 Comments