Camat Sawangan: Optimalisasikan Pengolahan Sampah

 

Sawangan, Depokterk8ni.com

Camat Sawangan, Anwar Nasihin mengatakan, untuk lebih mempercepat akselarasi dalam penanganan sampah di masyarakat yang dari dulu hingga sekarang masih ada  maka Pemkot Depok melaksanakan  akselarasi percepatan agar semua pihak terlibat salah satunya setiap kecamatan dibentuk satgas  penanganan sampah.

Hal itu dikatakannya menjawab awak media terkait penanganan sampah di Kecamatan Sawangan pada Kamis (5/9/2023).

Menurut dia, untuk penanganan sampah tersebut masing-masing kecamatan ada Liaison Officer (LO) atau nara hubung di Kecamatan Sawangan,   Disdukcapil, Nuraeni Widayatti dan Dinsos, keduanya merupakan LO yang mengarahkan.

“Poinnya kita rapat dengan Bu Ani (Nuraeni), Dinsos salah satunya mengaktifkan bank sampah agar lebih efetif, kemudian unit pengolahan sampah lebih efektif  lagi dan sosialisasi gerakan masyarakat untuk memilah sampah,” katanya.

Sampah, dikatakan lebih lanjut, tidak sepenuhnya dibuang ke TPA Cipayung yang kapasitasnya sudah tidak memadai lagi.  

“ Ini kepedulian kita dengan  langkah inovatif Ibu rumah tangga agar mengurangi produk sampah, kemudian sampah non organic dikelola dikumpulkan ke pengepul dan yang non organic  bisa digunakan untuk budidaya maggot,” paparnya. 

Sedangkan sisa sampah yang residu jumlahnya tidak terlalu banyak, kata Anwar,  itu dibuang ke TPA.

Optimalisasi pengolahan sampah skala kawasan ini, diungkapkannya, melibatkan RT RW dan elemen masyarakat. “Jadi, intinya mengurangi sampah di TPA Cipayung,” pungkasnya. (Dib)

Post a Comment

0 Comments