Unitlantas Polsek Beji Berikan Bantuan Rompi Untuk Petugas Penjaga Pintu Perlintasan Kereta

Beji, Depokterkini.com

Unitlantas Polsek Beji, Polres Metro Depok membagikan rompi, senter kedip dan peluit kepada 6  relawan penjaga pintu perlintasan kereta api gas alam, di wilayah kelurahan Pondok Cina, Kecamatan, Beji, Kota Depok, Senin (19/08/24).

Pemberian rompi dilakukan secara simbolis oleh Kanitlantas Polsek Beji, Iptu Ponco dan Kanit Bimas AKP Sodiq disaksikan Ketua RW 09, Kelurahan Pondok Cina, Ujang.

Menurut Kanit Bimas Polsek Beji, AKP Sodiq, pemberian rompi, senter dan pluit merupakan tindak lanjut dari kegiatan ngopi Kamtibmas yang digagas Kapolsek Beji beberapa waktu lalu." Ada masukan dari acara Ngopi Kamtibmas di RW 09 terkait kesulitan warga untuk akses jalan menuju Margonda dan permintaan warga agar Polsek Beji memberikan pembinaan kepada para petugas penjaga perlintasan kereta agar para pengendara dapat melintas dengan selamat," ungkap Sodiq

Menindaklanuti masukan tesebut, lanjut Sodiq, Kapolsek Beji Kompol Jupriono SH,MM meminta Kanitlantas Iptu Ponco untuk merealisasikan masukan tersebut.

Kanitlantas Polsek Beji, Iptu Ponco mengaku siap memberikan pembinaan kepada para petugas perlintasan kereta, dan dirinya juga berinisiatf memberikan bantuan perlengkapan berupa rompi, senter dan peluit kepada para relawan penjaga pintu perlintasan kereta tersebut." Ada 6 orang penjaga pintu perlintasan kereta di Pondok Cina. Hari ini kita serahkan bantuan rompi, senter dan peluit buat mereka. Meskipun tidak resmi tetapi mereka dibutuhkan dan PT KAI mengizinkan," terangnya.

Ponco menjelaskan pemberian rompi berfungsi sebagai identitas mereka dalam menjaga pintu perlintasan kereta. Kemudian senter lalin berfungsi untuk membantu para petugas saat bertugas malam hari."Senter ini berfungsi sebagai tanda atau sinyal bagi pengguna jalan yang melintas," beber Ponco 

Sedangkan peluit, sambungnya berfungsi untuk memberhentikan kendaraan saat ada kereta yang melintas." Kalau suara peluit panjang untuk menghentikan kendaraan dari semua jurusan. Tiup 2 kali untuk mempersilahkan pengendara jalan setelah kereta lewat dan tiup 3 kali untuk meminta perhatian agar pengendara tidak menyerobot pintu perlintasan saat ada kereta yang melintas. Nanti kita akan berikan pelatihan penuh buat mereka," janji Ponco 

Ketua RW 09, Ujang mengaku senang dan berterima kasih kepada Kapolsek Beji, dalam hal ini Kanitlantas Polsek Beji Iptu Ponco dan Kanit Bimas AKP Sodiq yang telah merealisasikan dan memberikan bantuan perlengkapan berupa rompi, senter dan peluit untuk petugas penjaga pintu perlintasan kereta." Baru kali ini ada perhatian dan bantuan dari Polsek Beji. Ini berkat program Ngopi Kamtibmas. Semua masukan dan keluhan warga direspon dengan cepat," ucapnya.

Selain mendapatkan seragam berupa rompi, petugas penjaga perlintasan kereta juga dilatih kemampuan mengatur lalu lintas." Semua bantuan ini sangat bermanfaat untuk para petugas dilapangan. Dengan memakai rompi bisa terlihat bahwa ada petugas penjaga pintu perlintasan kereta, disana" pungkasnya.

Muhamad (70) salah satu petugas penjaga pintu perlintasan kereta mengaku sudah 40 tahun secara sukarela bekerja sebagai petugas penjaga pintu perlintasan kereta." Banyak suka dan dukanya selama 40 tahun menjaga pintu perlintasan kereta. Namun baru kali ini ada bantuan dan perhatian dari Polsek.  Beji," tandasnya.(wan)


Post a Comment

0 Comments