Peningkatan Ekonomi Masyarakat Berbasis Masjid, Ini Kata Camat Sawangan

 

Sawangan, Depokterk8ni.com

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Sawangan menggelar kegiatan sinergitas kelembagaan keagamaan masyarakat dalam meningkatkan ekonomi masyarakat berbasis masjid di aula kecamatan setempat.

Camat Sawangan, Anwar Nasihin mengatakan, kegiatan sinergitas kelembagaan keagamaan masyarakat dalam meningkatkan ekonomi masyarakat berbasis masjid harus disupport karena tujuannya untuk peningkatan perekonomian masyarakat seperti pelaku usaha.

Melalui kegiatan ini dia berharap perekonomian warga para pelaku usaha di wilayah Kecamatan Sawangan  bersifat syariah bisa tumbuh.

“Jadi melalui  kegiatan sinergitas kelembagaan keagamaan masyarakat diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujarnya sebelum membuka acara kegiatan tersebut pada Kamis (29/8/2024). 

Ketua MUI Kecamatan Sawangan,  KH Abdulalah Syafei  mengtakan, kegiatan ini merupakan program MUI bagaimana meningkakan ekonomi masyarakat lemah memlalui bantun masjid bisa memberikan pinjaman pada masyarakat untuk usaha seperti  dagang lotong, gado gado dan lainnya.

Mengenai permodalan usaha, dikatakan lebih lanjut, bisa menggunakan dana masjid  untuk bantuan usaha. 

“Masjid juga bisa mengkoordinir pedagang kecil untuk meningkatkan ekonomi mereka  di sekitar lingkungan masjid,” ujarnya.

Usaha kecil, dijelaskannya, tidak membutuhkan modal besar, seperti usaha lontong modalnya cukup sekitar Rp 500 ribu. 

Para peserta, sambung dia, 5 orang perwakilan kelurahan se-Kecamatan Sawangan, total sebanyak 35 orang di antaranya pengurus MUI dan masyarakat.

Narasumber kegiatan tersebut, H. Syafei, pengusaha grosir sembako Kecamatan Sawangan, Kota Depok dan Iwan Edi, Ketua Sawangan Sukses Bersama (Sasuma). (Dib)

Post a Comment

0 Comments