Wujudkan UMKM Unggul, PNJ Berikan Pelatihan Peningkatan Kualitas Usaha

 

Bogor, Depokterkini.com

Dosen Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) secara rutin memberikan pelatihan  kepada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam upaya peningkatan kualitas usaha.

Kali ini dosen Program Studi D3  Keuangan & Perbankan Jurusan Akuntansi PNJ memberikan pelatihan peningkatan kapasitas (Capacity Building) kepada para pelaku UMKM, khususnya para pengrajin batik di Kampung Batik Cibuluh, Kecamatan Bpgor Utara, Kota Bogor.

Pelatihan yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Bogor Utara diikuti 40 pengrajin batik serta dihadiri Kasi Perekonomian Kecamatan Bogor Utara, Abdul Salam, Lurah Cibuluh Cucu Hanafi, Sekertaris Jurusan Akuntansi PNJ, Ridwan Zulfu, Ketua UMKM Kp. Cibuluh, serta para Ketua RW dan RT Kelurahan Cibuluh.

Bertindak sebagai narasumber Teja Utami selaku motivator usaha dan Agus Triyono owner Rumah Batik dari Jambi.

"Terima kasih kepada PNJ yang mau membantu dan  memberikan ilmu kepada UMKM di wilayah Kecamatan Bogor Utara. Kegiatan ini selaras dengan program kecamatan yaitu peningkatan UMKM. Dari 2700 yang digerakkan baru 10 persen  yang memiliki sertifikat halal. Kami terus berrupaya memfasilitasi UMKM agar bisa naik kelas. Kami berharap kegiatan seperti ini tidak hanya sekali ini saja, tetapi bisa berkelanjutan," kata Abdul Salam, Rabu (10/7/24).

Lurah Cibuluh Cucu Hanafi menyambut baik pelatihan yang diselenggarakan para dosen PNJ."Kami atas nama warga Cibuluh mengucapkan terima kasih atas support dan dukungan PNJ kepada Kampung batik Cibuluh. Mudahan-mudahan kegiatan ini menjadi motivasi untuk kedepan, dan kegiatan ini tidak hanya sampai disini saja, tetapi bisa berlanjut pada kesempatan lain," harap Cucu

Dikatakan Cucu, Kampung batik Cibuluh merupakan salah satu aset dan potensi yang ada di Kelurahan Cibuluh.

"Insya Allah kedepan kita sedang berupaya mewujudkan Kampung batik menjadi Kampung wisata batik Cibuluh. Mudah-mudahan dengan kekompakan semua kelompok pembatik apa yang di cita-citakan bisa terwujud," tuturnya.

Selain itu, Cucu juga memiliki tagline "Cibuluh Bersahabat" yaitu Kampung Batik Cibuluh yang berwawasan santun sehat dan hebat."itu menjadi sebuah cita cita atau keinginan. Mudah-mudahan bisa menjadi kenyataan," harapnya.

Sekertaris Jurisan Akutansi PNJ, Ridwan Zulfu menyatakan bahwa dosen PNJ jurusan Akuntansi siap bersahabat dengan Kampung batik Cibuluh.

"Artinya Kami siap membantu berbagai program yang ada di  Kampung Batik Cibuluh," ujar Ridwan menanggapi pernyataan Lurah Cibuluh terkait visinya ingin mewujudkan Kampung Cibuluh Bersahabat.

Ridwan mengatakan, sebagai dosen, kami memiliki Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat

"Untuk pengabdian masyarakat kita harus survey langsung apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, seperti pendampingan legalitas UMKM, pembuatan NPWP dan sertifikasi halal," terang Ridwan.

Ketua Program Studi D3 Keuangan dan Perbankan PNJ, Hetty Suryani Fitri menambahkan, pelatihan Capacity Building bertujuan agar ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok UMKM pengrajin batik bisa  termotivasi sehingga bisa meningkatkan hasil produksinya.

"Semoga kedepannya ibu-ibu pengrajin batik lebih semangat lagi dalam membatik sehingga dapat meningkatkan perekonomian mereka," pungkas Hetty didampingi Rodiana Listiawati selaku Ketua Pelaksana Pengabdian masyarakat Prodi D3 Keuangan dan Perbankan.(wan)






Post a Comment

0 Comments