PNJ Berikan Pelatihan Pengelolaan Keuangan Untuk Penguatan Usaha Anggota Jawara Depok.

 

Beji, Depokterkini.com

Kelompok Bidang Keahlian ( KBK ) Keuangan Politeknik Negeri Jakarta ( PNJ ) bekerjasama dengan Komunitas jaringan usaha ( Jawara ) Depok menyelenggarakan kegiatan pelatihan pengelolaan keuangan untuk penguatan usaha bagi komunitas jaringan usaha ( Jawara ) Depok, digedung F jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta ( PNJ ) Depok, pada Selasa (16/7/24)

Menurut Dr. Sabar warsini. S.E,.M.M., selaku Ketua jurusan Akuntansi PNJ, kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun, sebagaii salah satu bentuk Tri Darma Perguruan Tinggi.

Perwakilan Jawara Depok Yuni, berharap kegiatan pelatihan semacam ini dapat memberikan manfaat sangat besar bagi anggota komunitas Jawara.

Dalam pelatihan tersebut, juga diberikan pembekalan oleh nara sumber yaitu Lini Inggriyani S.T,. M.M., dan Heti Suryani, S.S.T., M.M., 

Menurut Lini Inggriyani dengan semakin banyaknya usaha kecil menengah, maka otomasis semakin ketat persaingan didunia usaha kecil dan menengah. Dengan semakin ketatnya persaingan, maka umkm dituntut untuk mampu bersaing.

"Dalam menghradapi persaingan, banyak umkm yang mempunyai masalah internal seperti manajemen keuangan," imbuhnya

Pengelolaan keuangan masih menjadi salah satu kendala bagi pelaku umkm, oleh karena itu pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diberikan pelatihan agar umkm dapat nenerapkan pengelolaan keuangan yang baik sehingga diharapkan dapat terus berkembang kedepannya.

Masih menurut Lini Inggriyani, pengelolaan keuangan tidak hanya meliputi pengelolaan uang kas tetapi juga termasuk pengelolaan aset. Pengelolaan keuangan yg baik sangat penting bagi umkm, jika pengelolaan keuangan yang kurang baik akan berdampak pada pembukuan."Dalam umkm masih sering terjadi tidak adanya pemisahan antara uang pribadi dan uang usaha." tuturnya.

Lini berharap dengan adanya pelatihan ini para umkm dapat mengelola keuangannya dengan baik, sehingga dapat menjamin keberlangsungan kegiatan usaha umkm.

Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut juga  dibantu dosen lainnya yaitu: Heri Abrianto S.E.,M.M.,  Dr. Endang Purwaningrum, Indianik Aminah S.E., M.M., Zulmaita S.E.,M.M., Rodiana Listiawati S.E,.M.M.,

Sandhika Cipta S.M.B,. M.M., Annisa Alifa S.E., Efriyanto S.E., M.M., M.Si., dibantu oleh Riza dan mahasiswa jurusan Akuntansi PNJ.(wan)

Post a Comment

0 Comments