PNJ Berikan Pelatihan Keuangan Anggota Dharma Wanita Persatuan BSSN

 

Sawangan, Depokterkini.com

Prodi Manajemen Keuangan Politeknik Negeri Jakarta(PNJ) bekerjasama dengan Dharma wanita Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyelenggarakan kegiatan pelatihan perencanaan Keuangan bagi anggota Dharma wanita BSSN di Gedung BSSN, Sawangan. Kota Depok, pada Rabu (10/7/24).

Pelatihan tersebut juga dalam rangka memperingati Hari Ulang  Tahun (HUT) Dharma Wanita Persatuan BSSN ke 78. 

Menurut Lini Inggriani selaku ketua Prodi Manajemen Keuangan PNJ, kegiatan pengabdian Masyarakat ini merupakan kegiatan reguler yang dilakukan rutin setiap tahun. 

Dikatakan Lini, melakukan investasi bagi ibu rumah  tangga merupakan suatu langkah yang cerdas, karena akan memberikan peluang pertumbuhan kekayaan pada jangka panjang.

"Melalui investasi yang tepat, diharapkan keluarga dapat mencapai tujuan keuangan, memastikan masa depan yang lebih stabil dan memberikan perlindungan  finansial," ungkapnya.

Manfaat lain dari melakukan investasi, lanjut Lini, memperoleh pendapatan pasif sehingga tetap memperoleh pendapatan  di masa depan tanpa bekerja aktif, dapat terlindungi dari inflasi yang terjadi, mengurangi resiko finansial, dapat meningkatkan nilai aset yang dimiliki, dapat menyediakan dana darurat, serta dapat mengurangi beban pajak. 

Alternatif investasi yang bersifat jangka panjang di pasar modal  dapat menjadi pilihan investasi bagi ibu rumah tangga yang menguntungkan dan relative rendah resiko.

Instrumen investasi  berupa saham, surat utang atau obligasi dan reksa dana. Lini menambahkan, Investasi di pasar modal memiliki peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara, karena mampu mempertemukan pihak yang memiliki kelebihan dana (investor) dengan pihak yang membutuhkan dana (perusahaan).

"Investor dapat menyalurkan kelebihan dana yang dimiliki untuk diinvestasikan sehingga pengusaha memperoleh tambahan dana untuk memperluas usaha." Imbuhnya.

Sementara itu, Penasehat Dharma Wanita Persatuan BSSN, Dr Endang Purwaningrum  berharap kegiatan pelatihan ini dapat memberikan manfaat besar bagi kedua belah pihak baik ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan BSSN maupun bagi Prodi Manajemen Keuangan Politeknik Negeri Jakarta. 

Bertindak sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut, DR Ali Masjono, selaku dosen Prodi Manajemen PNJ dengan materi berjudul “ Pentingnya Investasi” dibantu dosen lainnya yaitu Indianik Aminah, S,E MM, Zulmaita S.E, M.M dan  Fatimah S.E, M.M serta dibantu mahasiswa prodi Manajemen Keuangan Politeknik Negri Jakarta.(wan)


Post a Comment

0 Comments