PNJ Berdayakan Masyarakat Kampumg Lio Melalui Wirausaha dan Pengelolaan Lingkungan Padat Penduduk

Pancoranmas, Depokterkini.com

Dosen Jurusan Administrasi Niaga- Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat di wilayah Kampung Lio, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, pada minggu (14/7/24)

Kegiatan tersebut melibatkan kelompok bapak-bapak, ibu rumah tangga dan remaja Karang Taruna setempat.

Menurut Ketua Tim Pengabdian Masyarakat PNJ, Dr. Nining Latianingsih, SH.MH. Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan oleh para dosen Jurusan Administrasi Niaga- PNJ, merupakan bagian dari Skema Pelatihan Program Penerapan IPTEKS Berbasis Kelompok Bidang Keahlian (PPIKBK) berjudul "Optimalisasi Peningkatan Pemberdayaan Pemuda Melalui Wirausaha dan Pengelolaan Lingkungan Padat Penduduk di Kota Depok".

"Pengabdian Masyarakat ini  merupakan salah satu dharma dalam  Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dijalankan para dosen dan mahasiswa." kata Nining didampingi Dr. Narulita Syarweni, SE.ME dan Risya Zahrotul Firdaus, SI.Kom, MSi, serta beberapa mahasiswa yang membantu kegiata  tersebut.

Ia menjelaskan, bahwa kegiatan pengabdian merupakan kerjasama antara PNJ dengan Bappeda Kota Depok dan Kampung Lio. Tujuannya adalah untuk mengembangkan jiwa wirausaha masyarakat sebagai upaya dalam meningkatkan pertumbuhan penghasilan serta ekonomi masyarakat Kampung Lio.  Diharapkan pula, melalui kegiatan ini akan memunculkan wirausaha baru dari Kampung Lio.

Kegiatan yang dilakukan secara hibrid dihadiri Ketua RW.19 Kampung Lio,  Misar; Ketua RT.03, Susi; dan Ilham selaku Ketua Karang Taruna setempat, 

Hadir pula secaran online Ketua jurusan Dr. Iis mariam dan beberapa dosen lainnya

"Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan salah satu bagian penting staf pengajar di perguruan tinggi untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi." ujar Iis Mariam

Dikatakan, kegiatan ini menjadi momentum sangat luar biasa penting sebagai salah satu bentuk kolaborasi antara PNJ dengan Bappeda Kota Depok dalam upaya memberdayakan potensi Masyarakat. 

Kolaborasi pengabdian kepada Masyarakat ini memberikan manfaat kepada Masyarakat di Kampung Lio dalam mengembangkan potensi wilayahnya untuk mandiri dan mampu memberikan kesejahteraan baik secara ekonomi maupun Kesehatan lingkungan. 

Lebih lanjut Iis Mariam mengatakan, kegiatan pengabdian kepada Masyarakat dapat terus dilakukan tidak hanya pada saat ini akan tetapi untuk masa yang akan datang sesuai dengan harapan dan tujuan dari perencanaan wilayah kota Depok dimana PNJ terlibat sebagai bagian dari konsep Triple Helix (pemerintah-institusi dan Masyarakat) untuk bersama-sama membangun Kampung Lio menjadi daerah yang mandiri dan Sejahtera.

"Semoga kegiatan pengabdian Masyarakat ini terus dapat dipertahankan dan ditingkatkan di masa yang akan datang. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan PPIKBK dengan lancer dan sukses.," tuturnya 

Kegiatan menghadirkan Narasumber  yang merupakan pakar dibidangnya yaitu Ir. Titik Udjianti, ahli Kimia; Dr. Koko Supriatnoko, ahli Bahasa; Imam Hariadi Sasongko, ST. MM, MBA, ahli budidaya Lele dan Dra. SEL. Ninggarwati seorang pakar kuliner Nusantara.

Ir. Titik Udjianti mengajarkan proses pembuatan sabun mandi, cuci piring dan baju, Selain itu, masyarakat juga mendapat pelatihan dan pendampingan budidaya ikan Lele dalam ember oleh , Imam Hariadi Sasongko, ST.MM.MBA

Sedangkan Kelompok ibu ibu mendapatkan  pelatihan pengolahan Lele menjadi abon dan cheese stick oleh pakar kuliner, Dra. SEL. Ninggarwati.

Acara ditutup dengan penyerahan peralatan untuk praktik berupa: 300 bibit Lele, 10 kg pakan Lele, bibit kangkung, 2 buah EM4. 2 kg pasir malang, 6 ember. Kompor, 2 tabung gas, 1 buah blender, 1 alat peniris, 2 ketel, slang kompor, wajan besar, panci kukus, peralatan pembuatan sabun,  peralatan masak, dan peralatan lainnya yang dibutuhkan masyarakat Kampung Lio  untuk berwirausaha.(wan)


Post a Comment

0 Comments