Pengabdian Masyarakat.Dosen PNJ Berikan Pelatihan Laporan Keuangan Untuk Pengrajin Batik Kampung Cibuluh

 

Para Dosen dan mahasiswa Prodi D3 Akuntansi PNJ foto bersama dengan peserta pelatihan pelaporan keuanhan di Aula Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Kamis (11/7/24)

Bogor, Depokterkini.com

Beberapa dosen Program Studi D3 Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) dibantu sejumlah mahasiswa prodi D3 Akuntansi  menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan pencatatan transaksi dan pelaporan keuangan menggunakan aplikasi SiApik (Sistem Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan) bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), khususnya para pengrajin batik Kampung Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Dengan tajuk “Pelatihan Sistem Informasi Berbasis Digital Pada UMKM Kampung Batik Cibuluh Bogor”, pelatihan yang diselenggarakan di aula Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara, pada Kamis (11/7/24) merupakan bentuk pengabdian masyarakat program PPIBM (Pengabdian Penerapan Iptek Berbasis Masyarakat) Prodi D3 Akuntansi PNJ. Ketua Prodi D3 Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta yang juga sebagai ketua pelaksana kegiatan ini, Herbirowo Nugroho, SE, MSi, MCE, CPIA, AWP, mengatakan pelatihan ini diharapkan dapat membuka pengetahuan dan wawasan para pengrajin batik  Kampung Cibuluh mengenai pencatatan dan pelaporan keuangan yang benar. Aplikasi ini diharapkan mampu menggantikan sistem pencatatan manual yang biasa digunakan oleh para pelaku UKM untuk melakukan pencatatan traksaksi sampai pelaporan keuangan sesuai standar akuntansi untuk UMKM. 

"SiApik adalah aplikasi khusus UMKM yang bisa didownload secara gratis. Penggunaan aplikasi SiApik sendiri tergolong mudah dan praktis. Selain itu keamanan data pengguna di dalam aplikasi ini juga terjamin" ujar pria yang akrab disapa Bowo itu.

Beberapa manfaat menggunakan aplikasi SiApik antara lain: pengguna dapat mengawasi transaksi keuangan sendiri serta dapat mengajukan pembiayaan kredit ke lembaga keuangan resmi dengan dukungan laporan keuangan yang dihasilkan aplikasi ini.(wan)


Post a Comment

0 Comments