PNJ Berikan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Accurate Kepada Anggota Iwapi Ranting Sawangan

 

Sawangan, Depokterkini.com

Dosen Polteknik Negeri Jakarta (PNJ)  bekerjasama dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kota Depok menggelar pelatihan  penggunaan aplikasi Accurate kepada anggota Iwapi Ranting Kecamatan Sawangan.di SMK Bina Mulia, Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (29/6/24).

Menurut Ketua Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) Fatimah SE, MM. Perempuan pengusaha yang tergabung dalam Iwapi Ranting Sawangan memegang peranan penting dalam pengembangan usaha mikro kecil dan menengah(UMKM). 

"Hampir semua UMKM dikelola secara langsung oleh perempuan. Sumbangsih perempuan di sektor UMKM terlihat dalam bentuk pengembangan bisnis dengan memanfaatkan sumber daya manusia setempat serta potensi  kelompok perempuan, membuka lapangan kerja, terbentuknya wirausaha baru perempuan, meningkatkan pendapatan dan taraf hidup serta kesejahteraan keluarga. " ujar Fatimah

Karena itu, lanjut Fatimah untuk meningkatkan kinerja usaha UMKM agar mampu bersaing dengan usaha besar, dibutuhkan penggunaan teknologi dalama bisnis seperti penggunaan aplikasi  Canva dalam pembuatan kemasan dan promosi serta  penyusunan laporan keuangan  EMKM dengan aplikasi Accurate dalam pencatatan akuntansi. 

Dikatakan Fatimah, program pengabdian Masyarakat merupakan kewajiban dari setiap dosen sebagai bagian dari pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

"Diharapkan kegiatan ini  memberikan manfaat sebesarnya-besarnya kepada UMKM," harapnya

Ditempat yang sama, Ketua Iwapi Ranting Sawangan, Lejar Ayu Nita  mengatakan, penggunaan teknologi dalam pengelolaan UMKM sudah menjadi kebutuhan agar terjadi peningkatan usaha dan tercapai tujuan akhir yaitu naik kelas dari usaha mikro, menjadi usaha kecil dan menengah. 

Bertindak sebagai Nara sumber dalam kegiatan tersebut yaitu Ridwan Zulpi Agha, SE, M.AK dibantu Devi Septri Yani dan Nurul Alafiah. 

Pelatihan ditutup dengan praktek penggunaan aplikasi Accurate dan diskusi peserta dengan narasumber,

' Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan mereka berharap kegiatan ini dapat dilakukan setiap tahun dengan bentuk pelatihan lainnya yang semuanya berkaitan dengan kemajuan usaha mereka " tutup Fatimah.(wan)


Post a Comment

0 Comments