Kelurahan Bojongsari Baru Gelar Pelatihan Pembentukan Bank Sampah

Bojongsari, Depokterkini.com

Aparatur Kelurahan Bojongsari Baru, Kecamatan Bojongsari bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) melakukan pelatihan pembentukan bank sampah di RW 01 yang merupakan kampung cerdas, ramah keluarga (caraka).

Kegiatan tersebut didibuka Kasie Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kelurahan Bojongsari Baru, Sasa Saadudin, sebagai narasumber  Vira Pasisha dari DLHK Kota Depok.

Vira Pasisha mengatakan, pelatihan bank sampah ini memberikan manfaat besar bagi masyarakat terutama di lingkungan sekitar sehingga menciptakan lingkungan bersih karena  sampahnya dikelola dengan baik sesuai dengan jenisnya.

Melaui bank sampah, lanjut dia, warga bisa melakukan kreatiftas seperti membuat pot dari bekas botol dan galon mineral. Bahkan, kata dia  bisa menjadi edukasi bagi warga.

“Dari bank sampah warga juga  bisa memiliki nilai secara ekonomis, terutama dari sampah tersebut yang dijual,” ujarnya dalam pertemuan dengan warga Kampung caraka di RW 01 pada Senin (24/6/2024).

Mengenai jenis sampah, dikatakan lebih lanjut, seperti bekas botol mineral, sampah kertas, kardus, plastic serta logam mempunyai nilai ekonomis, sampah tersebut dikumpulkan di bank sampah nantinya dijual melalui pengepul setiap satu bulan sekali.

Ditambahkannya, luangkan waktu setiap minggu warga bertemu 1 atau 2 jam di bank sampah untuk menyetorkan sampah.

“Pengepul datang menjemput di sini setelah sampah sampah tersebut penuh, sekali angkut mencapai 200 sampai 300 Kg,” pungkasnya. (Dib)


Post a Comment

0 Comments