Panitia PASJ Sawangan Bojongsari Berharap Siswa Lulus dengan Nilai Terbaik

Bojongsari, Depokterkini.com

Pelaksanaan Penilaian Akhir Sumatif Jenjang (PASJ) SD di Kecamatan Sawangan dan Bojongsari masih berlangsung. Bahkan, sejumlah sekolah dasar mentargetkan siswa  lulus 100 persen dan diterima SMP Negeri.

Adalah SD Duren Seribu 04, menurut Triyani Rohimah yang juga panitia PASJ atau ujian mengatakan, siswanya diharapkan lulus 100 persen dengan nilai terbaik sehingga dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya. 

 “Pada kelulusan tahun lalu sekitar 80 persen siswa kami diterima di SMPN, sementara yang 20 persen di sekolah swsta termasuk pondok pesantran,” kata Triyani yang juga guru  setempat akrab disapa Fitri disela sela PASJ di SD Duren Seribu 04 pada Kamis (16/5/2024)

Mengenai target sekolah negeri, ditambahkan, semoga para  bisa diterima di SMPN 10, 14 dan 25.

Sementara di SD Pondok Petir 02 pelaksanan PASJ menurut Desi Aprianti, panitia ujian dan guru setempat, jumlah siswa kelas 6 tercatat sebanyak 70 orang. 

“Mereka mengikuti ujian dari Senin-Jumat (13-17/5 2024) semuanya masuk kecuali satu siswa hari ini karena sakit, tapi pihak sekolah memberikan susulan kepada siswa tersebut,” katanya.

Diharapkan para siswa lulus dengan nilai memusakan sehingga bisa diterima di sekolah sesuai harapan mereka.

“Siswa di sekolah di Pondok Petir 02 masih 50 persen melanjutkan sekolah ke negeri dan 50 persen sekolah swasta,” ucapnya.

Di SD Serua 01, menurut Ropi, Kepala UPTD setempat, pelaksanan PASJ tidak ada kendala karena semua soal dibuat oleh guru masing masing.

“Jumlah siswa yang ujian sebanyak 109 anak Alhamdulillah sampai hari ini masuk semua dan mengerjakan soal dengan baik,” katanya.

Dia berharap semua siswa dapat nilai dengan baik sehingga melanjutkan ke sekolah mengah sesuai keinginan. “Di sini sekitar 50 persen siswa berharap negeri selebihnya ke sekolah swasta,” ujarnya.

Di SD Curug 01 pelaksanaan PASJ berjalan sesuai agenda, menurut Cecep Rohendi, Kepala UPTD setempat, peserta ujian sebanyak 78 siswa kelas 6.

Mengenai soal, ditambahkannya,  kisi kisi dan soal dibuat dari sekolah, diharapkan siswa dapat mengerjakan dengan nilai memuaskan.

“Target siswa mereka bisa masuk SMPN 18, karena jarak Curug dengan Serua berdekatan. Berharap mereka diterim,” tuturnya.

Pelaksanaan PSAJ di SD Pengasinan 03 berjalan sesuai jadwal hari keemapat, pada Kamis 16 Mei 2023 merupakan hari keempat ujian.

Menurut Agus Ikbal Muharam, panitia PSAJ yang juga guru setempat, peserta PSAJ sebanyak 97 siswa mengerjakan soal dengan baik. 

Hal itu, dikatakan lebih lanjut,  diketahui setelah beberapa pemeriksaan soal, hasilnya  sesuai standar kelulusan dengan nilai 80. 

“Jadi setelah diperiksa beberapa soal hasilnya sesuai standar kelulusan,” pungkasnya. (Dib)


Post a Comment

0 Comments