Lebaran Depok Tradisi Budaya Orang Tua Zaman Dahulu.

 

Cilodong, Depokterkini.com

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono membuka kegiatan Lebaran Depok dan Pekan Kebudayaan Daerah yang dilaksanakan di Taman Alun-Alun Kota Depok, Jumat (17/05/2024).

Kegiatan ini keeman kalinya dilaksanakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bekerjasama dengan Kumpulan Orang-Orang Depok (KOOD). 

Selain itu, kegiatan juga diramaikan dengan ratusan stand Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang menjual produk makanan, minuman, hingga berbagai kerajian khas Kota Depok.

Dalam kesempatan itu Imam Budi Hartono mengenalkan Lebaran Depok kepada istri-istri kepala daerah yang hadir pada pembukaan acara tersebut.

“Ini merupakan tradisi orang tua zaman dahulu menjelang Hari Raya Idulfitri. Ini budaya orang-orang Depok yang punya keunikan, mudah-mudahan semakin dikenal warga dan nasional,” ujarnya, Kamis (16/05/24).

Menurutnya, Depok sebagai kota urban warganya beragam, dari segi suku, agama, etnis, hingga budayanya. Oleh karena itu, Kota Depok kerap dibilang miniaturnya Indonesia.

“Warga Depok sangat ramah mendukung berbagai hal yang dilakukan pemerintah dan warga yang datang ke Depok,” katanya.

Dia mengajak seluruh warga untuk melestarikan budaya orang Depok zaman dulu yang sudah mulai menghilang di tengah masyarakat kini. Oleh karena itu dalam tiga hari ke depan, rangkaian kegiatannya cukup padat dan kental dengan nuansa budaya Betawi Depok.

Mari kita sama-sama lestarikan yang memang baba dan emak semua supaya bisa terus ada, meski era globalisasi tapi tetap kita harus mempertahankan dan mengembangkan budaya Depok,” tandasnya.(wan)


Post a Comment

0 Comments