Kepala SD dan Guru Kelas 6 Se Kecamatan Sawangan Hadiri Evaluasi PSAJ

 

Sawangan, Depokterkini.com

Para kepala SD atau disebut kepala UPTD SD Negeri dan Swasta serta guru SD kelas 6  se-Kecamatan Sawangan, Kota Depok mengikuti kegiatan evaluasi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) di UPTD SD Sawangan 02.

Sebagai narasumber kegiatan itu pengawas pembina SD Kecamatan Sawangan, Sukamto, hadir koordinator pengawas SD, Suparno dan Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Sawangan, Yogi Suprayogi.

Suparno, koordinator pengawas SD mengatakan, kegiatan hari ini membahas terkait kegiatan evaluasi PASJ karena secara umum pelaksanaan hasilnya masing masing SD yang mengolah ujian atau PSAJ.

Dikatakan lebih lanjut, bahwa ujian (PSAJ) ini belaku dalam rangka untuk penentuan nilai lulusan anak diolah dari nilai kelas 5 semester 1 dan 2, kemudian nilai kelas 6 semester 1, kemudian untuk semester 2 olahan dari nilai PASJ terus  nilai formatif atau nilai harian dan nilai tugas jadi nilai semester 2 kelas 6.

“Hasil ini menjadikan syarat pengolahan nilai kelulusan kelas 6,” kata Suparno di sela sela kegiatan evaluasi PSAJ pada Selasa, 21 Mei 2024.

Dijelaskannya, evaluasi atau asesement apa yang saya peroleh kegiatan monitoring evalusai yang dilakukan secara keseluruhan sekolah sudah melakukan kegiatan asesement akhir jenjang (PSAJ) sesuai prosedure yaitu  dari praktek ujian, trertulis berjalan dengan lancar aman dan ada hal hal yang harus ditindak lanjuti yaitu kedepan lebih baik lagi.

Ditambahkannya, hari ini juga ada sosialisai penulisan ijazah. Penulisan ijazah ini, sambungnya, memang setiap tahun diulang ulang karana ada hal kehatian hatian, sehingga menulis ijazah tidak terjadi kesalahan.

“Kalo  ada terjadi (kesalahan) dinas pendikan sudah menyaiapkan (penggantinya), dan pihak yang melakukan kesalahan harus menjelaskan termasuk alasannya,” terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Sawangan, Yogi Suprayogi  menuturkan,  kelas 6 sudah mengikuti  Penilaian Sumatif Akhir Jenjangh (PSAJ) sekarang evaluasi.

“Disini dijelaskan cara mengolah nilai kelulusan memasukan angka  dalam ijazah jangan sampai salah,” kata Yogi biasa disapa, seraya menambahkan peserta kegiatan tersebut  kepala sekolah negeri dan swasta se Kecamatan Sawangan serta guru kelas 6.

Dia berharap melalui kegaitan evaluasi PASJ semua sekolah menjadi tertib aturan dan juga semuanya paham cara penulisan ujazah pengolahan nilai kelas 6 sehingga hasilnya bertambah baik. (Dib)


Post a Comment

0 Comments