Kader Poktan BKL Kelurahan Pondok Petir Diberikan Pelatihan

 

Suasana kegiatan pelatihan TOT Caregiver di aula Kelurahan Pondok Petir.

Bojongsari,Depokterkini.com

Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok menggelar kegiatan pelatihan TOT Ceregiver Bagi Kader Poktan BKL di aula kelurahan setempat pada Selasa (28/5/2024).

Menurut Kasie Kemasyarakatan dan Pelayanan, Deden kegiatan ini tujuannya agar kader Poktan Bina Keluarga Lansia (BKL) mampu memberikan bantuan dan dukungan aktivitas hidup sehari hari,  mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan lansia dan keluarga sesuai dengan bahasa dan budayanya.

Kemudian, dikatakan lebih lanjut, mampu menilai situasi keluarga dan lingkungan sekitarnya, mampu melakukan pencatatan dan pelaporan kondisi lansia.

Selain itu, dijelaskannya mampu mengenali kondisi kegawatdaruratan medik memberikan P3K, Bantuan Hidup Dasar (BHD), mencari pertolongan dan berkomuniasi pihak terkait bila diperlukan.

Selanjutnya, ditambahkannya, mampu menguasai pengetahuan dan keterampilan dasar seperti mengenali tanda tanda vital, mampu mamahami dasar mengenai perawatan jangka panjang bagi lansia dari berbagai aspek (kesehatan, keperawatan, psiko sosial, hukum dan ekomomi).

Kemudian, kata Deden, mampu memahami tentang tingkat ketergantungan berbagai gangguan bio psiko sosial penyakit dan spiritualitas pada lansia untuk memenuhi kebutuhan perawatan jangka panjang dan mampu mengantisipasi dan mencegah resiko terjadinya kelainan secara fisik maupun mental melalui pelayanan personal pada lansia.

" Jadi para kader BKL harus bisa mengimplementasikan tersebut di atas. Kegiatan diikuti oleh para kader BKL dari RW 01-19 yang dibuka oleh pak lurah, " pungkasnya. (dib)


Post a Comment

0 Comments