Program P2WKSS Duren Seribu, Pembangunan Posyandu Hingga Budidaya Maggot

Bojongsari, Depokterkini.com

Pembangunan posyandu Mawar 1 dan 2 di RW 4, Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok baru sekitar 40 persen.

Hal itu dikatakan Kiki Mutakin, Lurah Duren Seribu terkait program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera( P2WKSS).

“Posyandu Mawar 1 dan 2 pembangunannya sekitar 40 persen, dan sekarang ini masih dalam pengerjaan,” katanya di Kelurahan Duren Seribu pada Selasa (4/7/2023).

Pembangunan posyandu tersebut, dijelaskannya, menggunakan anggaran APBD tahun 2023 senilai Rp199.320.000.

“Jadi pembangunan tersebut untuk dua posyandu,” terangnya.

Di lokasi pembangunan, Ahmad Sabani, Sekel Duren Seribu menambahkan, program P2WKSS di RW 4 tidak hanya membangun posyandu Mawar 1 dan 2, warga  juga diberikan pelatihan budidaya maggot dan kegitan lainnya.

 Selain itu, ditambahkannya, pihak warga juga secara swadaya mendirikan KWT (Kelompok Tani Wanita) Mawar yang merupakan pemanfaatan rumah pangan lestari.   

“KWT Mawar dilengkapi bank sampah, taman baca, PAUD dan Kebun Bibit Desa (KBD). Lokasinya tidak jauh dari posyandu Mawar 1 sehingga terintegrasi,” katanya. 

Dia juga menjelaskan, dengan adanya pembanguan posyandu, termasuk budidaya maggot akan memberikan manfaat bagi warga karena hasil dari  budidaya maggot, untuk pakan ikan lele.

“Budidaya maggot ini bisa mengurangi sampah organic, karena maggot dapat berkembang biak, kemudian juga warga di Duren Seribu merupakan petani ikan lele sehingga akan mudah memberikan pakan lele,” paparnya.

Dari hasil panen ikan lele, ditambahkannya, bisa diolah menjadi makanan, seperti  dimsum, tahu walit dan nugget. (dib)

Post a Comment

0 Comments