Mahasiswa UI Raih Penghargaan di Ajang Singapore Model United Nation

Beji | Depok Terkini

Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) kembali menorehkan prestasi pada ajang kompetisi Internasional.  Mahasiswa UI itu  adalah Asti Shafira (FKMUI) dan Chandra Anwar (FH 2012) berhasil meraih penghargaan honorable mention (setara juara 3) pada ajang kompetisi Singapore Model United Nations (SMUN) pada Juni 2015 lalu di Singapura. Sebagai juara pertama adalah National University of Singapore dan juara kedua diraih oleh Nanyang Technological University.

Prestasi juga ditorehkan oleh Mayang Krisnawardhani (FISIP UI) yang terpilih menjadi moderator dan pemimpin sidang pada SMUN 2015 dengan topik sidang terkait keberlanjutan Area Perdagangan Bebas ASEAN dan Keamanan Pangan di Asia Tenggara.

SMUN merupakan simulasi persidangan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dimana mahasiswa berkompetisi dalam kemampuan berdebat, bernegosiasi, dan menghasilkan resolusi dengan memberikan ide-ide inovatif dalam mengatasi permasalahan internasional.

Pada kesempatan SMUN 2015, delegasi UI yang diwakili oleh Asti dan Chandra berperan merepresentasikan negara USA pada komite ASEAN Regional Forum (ARF) dengan mengangkat topik terkait perlombaan senjata antar negara Asia.

Chandra mengungkapkan “Ajang SMUN memiliki kultur yang sangat menarik dimana lebih menekankan pada debat, bukan diplomasi. Namun kami bangga dapat kembali membawa penghargaan untuk Indonesia”.

Keikutsertaan mahasiswa UI pada ajang SMUN ini menambah sederetan prestasi pemuda Indonesia di kancah internasional sekaligus menumbuhkan rasa percaya diri mahasiswa UI di dalam berhadapan dan berkompetisi
dengan pemuda lainnya di tingkat Global. Prestasi ini diharapkan mampu memotivasi mahasiswa UI khususnya dan mahasiswa Indonesia pada umumnya untuk terus mengembangkan sayap, tidak hanya berkuliah saja melainkan ikut serta dalam kompetisi nasional dan internasional.(humas UI)

Post a Comment

0 Comments