Wawali Buka Pasanggiri Basa Sunda Tingkat Sekolah Dasar

Pancoran Mas | Depok Terkini

Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Shomad membuka kegiatan Pasanggiri Basa Sunda Tingkat Sekolah Dasar Negeri yang digelar di SMA Sejahtera, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Depok,Rabu (13/5).

Dalam kesempatan tersebut Idris meminta warga Depok dapat melestarikan budaya dan bahasa sunda, karena Kota Depok merupakan bagian dari wilayah Provinsi Jawa Barat."Depok bagian dari Jabar yang tak terpisahkan, harus di implementasikan dalam pembelajaran bahasa sunda sekaligus melestarikannya. Saya bangga banyak siswa yang mengikuti semua cabang Pasanggiri ini.  Peserta
Pasanggiri yang berprestasi akan diteruskan ke tingkat Provinsi Jabar,'tegas Idris.

Ketua Panitia Pasanggiri Basa Sunda, Wahyu Hidayat menjelaskan, kegiatan yang mengambil tema "Ngagedurkeun Sumangat Ngamumule basa, sastra jeung budaya sunda di Kota Depok" ini diikuti seluruh Sekolah Dasar Negeri dari 11 UPT Pendidik an se-Kota Depok. Jenis lomba yang dipertandingkan meliputi, Tari klasik, ngadongeng, tembang pupuh, menulis aksara sunda, dan baca puisi sunda.

"Kegiatan ini sudah memasuki tahun ke-10 yang digelar sejak tahun 2004. Sudah banyak prestasi yang diraih siswa hingga ke tingkat provinsi Jabar,"terangnya.

Anggota DPRD Depok dari fraksi Gerindra, Rizki M Noor menilai positif kegiatan dalam rangka melestarikan bahasa sunda. Pasalnya Kota Depok dilihat dari segi geografis terletak di provinsi Jabar, Namun demikian, penduduk Depok terdiri dari banyak suku."Banyak suku di Depok, tetapi budaya sunda tetap harus dilestarikan mengingat budaya dari luar sudah banyak mempengaruhi Depok. Jangan sampai anak-anak kita terbawa arus budaya dari luar,"terangnya.(ndi)

Post a Comment

0 Comments