Pendaftaran SBMPTN Mulai Dibuka


Beji |  Depok Terkini

Pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN 2015 telah dibuka pada hari ini, Senin 11 Mei hingga 29 Mei 2015 (Pk.22.00 WIB) secara online melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id. SBMPTN dapat diikuti siswa lulusan pendidikan menengah (SMA/MA/SMK/MAK) dan sederajat, termasuk Paket C tahun 2013, 2014, dan  2015. SBMPTN diikuti oleh 74 PTN di Indonesia dimana ujian SBMPTN 2015 akan dilaksanakan pada 9 – 11 Juni 2015. UI mengalokasikan ± 1.300 kursi bagi calon mahasiswa UI dari jalur SBMPTN ini.

Sebagai upaya memberikan informasi selengkap-lengkapnya bagi para calon mahasiswa PTN, Universitas Indonesia (UI) bersama dengan tiga PTN lainnya yaitu Universitas Negeri jakarta (UNJ), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN) dan Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran”
Jakarta (UPN) yang tergabung sebagai Panitia Lokal (Panlok) 30 Jakarta – wilayah I menggelar SBMPTN Info Day bertempat di Balairung UI, Depok pada Rabu, 13 Mei 2015. SBMPTN Info Day merupakan ajang sosialisasi SBMPTN bagi para siswa SMA/Sederajat maupun alumni yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi melalui SBMPTN.

Bagi para calon mahasiswa yang ingin mengikuti SBMPTN 2015 harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu dan memilih wilayah ujian yang dilakukan secara online. Biaya seleksi peserta sebesar Rp
100.000 dibayarkan melalui Bank Mandiri dan Bank BNI.

Menurut Kepala Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti, SE, MM. SBMPTN merupakan pola seleksi dilaksanakan secara bersama oleh  seluruh PTN satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui ujian tertulis. Peserta SBMPTN 2015 dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 program studi."Jika peserta hanya memilih satu prodi, peserta dapat memilih PTN di manapun. Namun jika peserta memilihdua atau tiga prodi, salah satu pilihan prodi harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian tertulis,"ujar Dewi.

Ia menjelaskan, poin-poin yang diuji berupa tes Kemampuan dan potensi akademik (TKPA), tes kemampuan dasar sains dan teknologi (TKD SAINTEK) dan kemampuan dfasar sosial humaniora (TKD SOSHUM).
Selain ujian tertulis, lanjut Dewi, program studi ilmu seni dan keolahragaan juga mempersyaratkan uji keterampilan. Info lebih lanjut mengenai SBMPTN 2015 dapat mengunjungi situs resmi di http://www.sbmptn.or.id/.

Post a Comment

0 Comments