Kebutuhan Buku Perpustakaan Depok Masih Kurang



Cimanggis | Depokterkini.com

 Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok menggelar Bimbingan Teknis (Bintek) Perpustakaan dengan tema: Perpustakaan Sebagai Sumber informasi, di Wisma Hijau, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Senin (11/5).

 Acara yang dibuka oleh Asisten Administrasi Setda Kota Depok yang mewakili Wakil Wali Kota Depok diikuti sedikitnya 50 peserta terdiri dari para pengelola perpustakaan yang ada di Kota Depok termasuk pengelola perpustakaan masjid. Dengan menggunakan metode ceramah, diskusi dan praktek para peserta tampak antusias mengikuti dengan baik. Bintek akan dilaksanakan selama tiga hari, Senin-Rabu dari pagi hingga sore.

Siti Khaeriah Aurijah selaku Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan mengatakan melalui Bintek diharapkan para pengelola perpustakaan dapat mengelola perpustakaannya dengan baik sehingga perpustakaan semakin diminati para anggotanya. ”Dengan kegiatan ini agar mereka memiliki kompetensi dalam mengelola perpustakaan di tempatnya masing-masing sehingga perpustakaan yang dikelolanya menjadi lebih baik lagi,” tuturnya.

Menurutnya, ketersediaan buku juga termasuk menjadi salah satu daya tarik bagi anggotanya sehingga saat anggota perpustakaan mencari buku yang diinginkan ada. Sementara jumlah buku yang ada di perpustakaan Kota Depok sekitar 18.000 dan baru ditambah lagi 2.000 buku. ”Kita akan terus berupaya menambah jumlah buku di perpustakaan. Ya, dengan jumlah penduduk Kota Depok sekarang ini setidaknya kita perlu sebanyak 50.000 buku,” pungkasnya.

 Sementara itu, Asisten Administrasi Setda Kota Depok Harry memberikan apresiasi pada kegiatan Bintek Perpustakaan. Dia berharap masyarakat semakin tumbuh kesadarannya untuk giat membaca. Karena itu, kata dia, perpustakaan sangat penting dan harus dapat dikelola oleh pengelola yang tahu bagaimana mengelola perpustakaan yang baik.

 ”Bagus. Harapan kita ke depan semoga masyarakat merasakan budaya membaca itu penting. Perpustakaan juga harus hisa dikelola dengan baik dan melalui Bintek ini mereka dibekali ilmu pengelolaan perpustakaan,” ujarnya. Peserta Bintek, di antaranya dari Taman Bacaan Masyarakat, Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Kelurahan dan Perpustakaan Masjid. Mereka mendapatkan materi Manajemen Perpustakaan, Inventarisasi dan Klasifikasi dan Tajuk Subjek. (Spt)

Post a Comment

0 Comments