Disperindag Gelar Festival Industri Kreatif

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok kembali menggelar Festival Industri Kreatif 2014 yang dilaksanakan pada 16-20 Oktober mendatang. Ajang ini bertujuan mempromosikan produk industry kreatif sekaligus memacu pertumbuhan industri kreatif yang lebih meningkat di Kota Depok.

“Tiap tahun pertumbuhan industri kreatif tumbuh subur di Kota Depok, khususnya industri kecil dan menengah. Ajang festival ini bukan hanya mempromosikan produk usaha kreatif saja, melainkan sebagai bukti para pelaku usaha amat kreatif menciptakan inovasi-inovasi baru,” ungkap Kepala Disperindag Agus Suherman dalam sambutan pembukaan festival di Depok Town Square, Depok, Jawa Barat, Kamis (16/10).

Adanya beragam industri kreatif, seperti fesyen, kuliner, craft, dan fotografi mampu menyerap tenaga kerja yang lebih besar sehingga tingkat pengangguran di Kota Depok bisa menurun.

“Festival industri kreatif yang sudah kelima kalinya ini bisa menyerap tenaga kerja lebih dari 38.000 orang. Kontribusi para pelaku usaha yang sudah diserap mencapai hampir 12 persen. Intinya, peluang bisnis di Kota Depok amat terbuka luas,” tutur Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail membuka peresmian dengan memukul rampak bedug.

Nur Mahmudi berharap festival industri kreatif yang bertemakan “Yang Muda, Yang Kreatif” bisa memicu lahirnya ide-ide kreatif dari kawula muda sehingga membawa kemajuan bagi Kota Depok. Produk industri kreatif yang dihasilkan menjadi tantangan para kawula muda untuk lebih produktif menciptakan sesuatu yang baru dan memiliki ciri khas dibanding produk-produk lainnya.

Festival industri kreatif diikuti oleh 75 pelaku usaha dari industry hulu sampai hilir yang berhasil diseleksi. Secara umum, penyeleksian dinilai dari industri kreatif yang sudah mapan serta menjalankan produksinya dengan lancar.(fit)