Depok Raih Penghargaan Upakarti

Pemerintah Kota Depok kembali menerima penghargaan dari Pemerintah Pusat. Kali ini penghargaan diberikan Kementrian Perindustian Republik Indonesia dalam kategori Jasa Kepedulian. Penghargaan diserahkan langsung Menteri Perindustrian RI Mohammad S. Hidayat kepada Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail di ruang Garuda Kementerian Perindustrian RI Jalan Gatot Subroto Kav 52- 53, Jakarta Selatan, Rabu (13/10).

Nur Mahmudi Isma'il, MSc mengucapkan rasa syukur atas diterimanya penghargaan Upakarti ini. Penghargaan ini merupakan upaya Pemerintah pusat mengapresiasi pemerintah daerah yang sudah melakukan berbagai haldalam pembinaan, pengembangan dan falisitasi Industri Kecil dan Menengah. Juga dalam hal management, Pemasaran, dan Promosi. "Penghargaan yang berhasil ini, merupakan hasil seleksi Pemerintah Pusat kepada  Kepala Daearh/ Pemerintah Daerah yang masuk dalam kriteria penilaian dan persyaratan, pemerintah daerah yan dinilai concern dan peduli dengan perkembangan IKM. Saya berterimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam mengembangkanIKM di Kota Depok. Berbagai Pembinaan juga telah kami lakukan, juga berpengaruh pada pengurangangan inflasi di Kota Depok.Harapannya ikm Kota Depok harusr terus menguatkan kualitas dan produtifitasnya, apalagi kita sedang menyongsong asean economic 2015,"tuturnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok Agus Suherman berharap semoga dengan diterimanya penghargaan ini dapat terus memotivasi Pemerintah Kota juga sinergitas  seluruh OPD dalam peningkatan dan perkembangan IKM di Kota Depok.

Upakarti Jasa Kepedulian, diberikan kepada Bupati /Walikota yang peduli dan aktif menetapkan berbagai kebijakan dalam memperhatikan daya dukung daerah setempat, sehingga tercipta iklim usaha kondusif, membuka peluang usaha dab memberikan kemudahan bagi Industri Kecil dan Menengah untuk berkembang.

Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok memberikan perhatian yang sungguh-sungguh kepada IKM di Kota Depok agar maju dan berkembang. Berbagai kegiatan dan program dilakukan secara berkesinambungan, diantaranya adalah seperti memberikan pelatihan, pembinaan, motivasi, dan pembekalan pengetahuan. Berbagai pelatihan yang dilakukan seperti pelatihan membuat kemasan produk yang menarik, pembinaan atau pendampingan, motivasi kepada para pelaku IKM, serta pembekalan pengetahuan, contohnya bagaimana produk yang dihasilkan IKM Kota Depok dapat diminati oleh pasar atau masyarakat, bagaimana mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, tanpa harus menghilangkan identitas budaya dan kualitas. Misalnya dalam pemilihan model/bentuk dan promosi IT. Bahkan Pemerintah Kota juga memberikan pengetahuan tentang bagaimana menginovasi produk makanan, seperti inovasi produk olahan belimbing dan pilihan produk ODNR (olahan non beras dan terigu).

Selain kota Depok ada 9 Kota lain yang menerima penghargaan upakarti kategori jasa kepedulian yaitu: Bupati Bantaeng Sulawesi Selatan, Bupati Halmahera Barat Maluku Utara, Bupati Bangli Bali, Ngawi, Agam, Samarinda, Ogan ilir, Sijunjung, dan Sumbawa Barat.

Post a Comment

0 Comments